Sukses Berternak Burung Lovebird

Ini adalah cerita sukses berternak burung lovebird yang dialami oleh temen saya. Ya meskipun usahanya hanya bersifat sampingan tetapi penghasilannya hampir sama dengan gaji perbulannya. Mau tahu seperti apa ceritanya, oke akan saya mulai.

Teman saya adalah seorang guru SMA, sedangkan istrinya hanyalah seorang ibu rumah tangga. Penghasilannya sebagai seorang guru hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari dan sisa dikit untuk tabungan. Mau tidak mau dia harus putar otak untuk menambah penghasilannya sementara mempersiapkan kelahiran anaknya yang pertama.

Suatu ketika dia bertemu dengan pamannya yang ada disemarang yang mempunyai ternak burung lovebird. Dia diceritakan pengalaman berternak burung lovebird. Alhasil diapun tertarik untuk mencoba juga karena penghasilannya cukup besar untuk menambah penghasilannya.
burung lovebird


Halangannya selanjutnya adalah dia bingung kemana harus mencari modal. Pinjam sana-sini belum hanya cukup untuk membangun kandang burungnya serta membeli 2 pasang burung lovebird. Setelah cari-cari info dia akhirnya memutuskan untuk mengajukan kredit KTA di Bank Mandiri. Dia memilih kredit tersebut karena tanpa agunan. Jaminan itu untuk membeli beberapa pasang burung lovebird lagi dan sebagian lagi untuk persiapan si kecil yang akan segera lahir.
burung lovebird kepala hitam

Cukup nekat juga dia melakoni semua itu secara dia belum pernah berternak. Bisa dibilang dia memulai semuanya dari nol. Proses belajarnya pun sambil jalan. Dengan keuletan, tanya sana-sini usahanya sampingannya itupun berkembang. Dari 4 pasang burung lovebird kini dia sudah mempunyai 10  pasang burung belum termasuk yang sudah dijual untuk mencicil pinjaman dari bank. Kini dia sudah menikmati hasilnya, kedepannya dia akan terus menambah jumlah burungnya dan dia akan memasang target 20 pasang indukan burung.

Sebagai catatan saja, burung lovebird yang biasa harga sepasangnya sekarang sudah mencapai 1,6 juta. Untuk burung lovebird kepala emas sudah berharga 2 jutaan perpasangnya. Untuk lutino dan albino lebih mahal lagi. 3 juta-6 jutaan. Fantastis bukan sebagai usaha sampingan? Yah, emang sih sukses beternak burung lovebird itu engga semudah yang dibayangkan. tapi asalkan kita mau terus mencoba dan telaten pasti ada hasilnya kok. saya sendiri udah mencoba juga membudidayakannya.

1 comments:

  1. Artikel yang menarik gan, makasih untuk infonya.
    Jika Anda membuntuhkan Driver Printers, silahkan mengunjungi website http://www.agendriver.com/

    ReplyDelete

Silahkan memberi komentar dengan bijaksana. Link aktive yang disisipkan di komen tidak akan dipublikasikan :)