Cara Membedakan Madu Asli dengan Madu Palsu

madu asli

Melanjutkan postingan sebelumnya mengenai Manfaat dan khasiat madu bagi tubuh kita, Kita sudah tahu betapa ampuhnya bahan satu ini untuk membantu daya tahan tubuh. Namun manfaat itu rasanya akan sia-sia bila kita mendapatkan madu yang palsu. ya, saat ini banyak beredar madu-madu palsu dari para tangan-tangan usil yang mencoba meraup keuntungan berlebih dari madu palsunya tersebut.

cara membedakan madu asli dan madu palsu
pic from madu-asli.org

Madu-madu palsu tersebut biasanya merupakan campuran 20 % madu asli dan 80 % dicampur dengan air gula. Parahnya lagi madu-madu palsu tersebut dicampur dengan berbagai bahan kimia yang membahayakan tubuh kita seperti zat pewarna untukl membuat tampilan madu palsu seperti madu asli, dan zat pengawet seperti boraks ataupun formalin. Bahaya bukan zat-zat itu? Bukan manfaat yang didapat malah penyakit yang didapat.

Lalu bagaimanakah cara membedakan madu asli dengan madu palsu? Berikut ini beberapa cara yang krisngeblog dapatkan hasil browsing-browsing dari internet dan pengalaman pribadi.

  1. Teteskan beberapa madu ke tempat yang terbuka dan biarkan untuk beberapa waktu. Jika madu dikelilingi semut maka dapat dipastikan bahwa madu itu palsu karena madu asli tidak dikelilingi semut.
  2. Teteskan madu pada ujung korek api dan nyalakan. Jika cairan madu habis terbakar maka madu tersebut palsu namun jika madu masih bersisa maka itu adalah madu asli
  3. Masukkan madu ke dalam kulkas dan biarkan beberapa saat. Madu asli tidak akan memadat seperti cairan kental yang lainnya.
  4. Teteskan madu pada kertas, dan lihat apakah cairan madu tersebut menembus kertas atau tidak. Jika menembus kertas maka itu adalah madu palsu. Madu asli berbentuk kental dan tidak bisa menembus kertas karena komposisi madu tidak ada air.
  5. Jika sudah ahli maka cukup dengan aroma dan rasanya saja, maka sudah bisa membedakan mana madu yang palsu dan mana madu yang palsu.
Dari banyaknya madu palsu yang beredar maka kita harus hati-hati ketika akan membeli madu. Cara-cara diatas semoga dapat membantu ketika akan membeli madu sehingga kita tidak tertipu dengan tampilan madu palsu yang hampir sama persis dengan madu asli.

3 comments:

  1. lebih berhati hati dengan beredarnyua madu palsu
    terimakasih untuk informasinya

    ReplyDelete
  2. Artikel yang menarik gan, makasih untuk infonya.
    Jika Anda membuntuhkan Driver Printers, silahkan mengunjungi website http://www.agendriver.com/

    ReplyDelete

Silahkan memberi komentar dengan bijaksana. Link aktive yang disisipkan di komen tidak akan dipublikasikan :)