Seberapa Penting Ranking Alexa Untuk Blog dan Website?

Bagi para blogger pasti ingin mendapatkan Ranking Alexa yang ramping. Maksudnya adalah ingin mendapatkan Ranking Alexa yang semakin kecil untuk blog atau website mereka. Berbagai macam cara dilakukan untuk mendapatkan Ranking Alexa yang ramping. Tetapi seberapa penting alexa rank untuk blog dan website? Krisngeblog akan mencoba membahas dari berbagai sumber.
Alexa Rank

Apa itu Rangking Alexa?


Rangking Alexa adalah sistem perangkingan blog atau website yang dikeluarkan oleh alexa.com yaitu suatu anak perusahaan milik amazon.com. Sistem perangkingan ini didasarkan pada jumlah traffic yang masuk pada sebuah blog atau website. Sistem perangkingan dilakukan dengan memberikan rangking yang besar untuk website yang traficnya sedikit dan rangking yang kecil untuk yang trafficnya banyak. Maka dari itu setiap blog atau web ingin mendapatkan rangking alexa yang kecil untuk menunjukkan bahwa blog atau websitenya ramai dikunjungi.
Alexa toolbar
Alexa toolbar

Kembali ke topik

Bagaimana Perangkingan Alexa?

Lalu bagaimana perangkingan alexa itu didapatkan? Menurut alexa.com, sistem perangkingan didapatkan dari jumlah lalu lintas kunjungan blog atau website bagi para pengguna yang telah menginstal alexa toolbar pada browser mereka. Alexa toolbar ini menginformasikan seberapa besar rangking suatu blog, jumlah lalu lintas dan juga menawarkan mesin pencarian. Sebenarnya Alexa toolbar ini juga mengirimkan informasi yaitu ip pengguna alexa toolbar dan website yang dikunjunginya ke server pusat alexa. Di server pusat data-data ini dikumpulkan dengan data-data pengguna alexa toolbar lainnya kemudian dihitung untuk menentukan ranking alexanya.

Kembali ke topik

Plus Minus Rangking Alexa

Seperti halnya sebuah sistem pasti memiliki kekurangan dan kelebihan. Kekurangan dari perangkingan alexa ini adalah sistem penghitungannya yang tidak akurat. Mengapa bisa demikian? seperti yang dijelaskan diatas tadi, perangkingan ini hanya berdasarkan pada pengguna-pengguna yang sudah menginstal alexa toolbar pada browsernya sedangkan pengguna yang tidak menginstal alexa toolbar tidak dihitung. Bisa saja suatu halaman yang ramai pengunjungnya rangking alexanya besar karena sebagian besar pengunjungnya tidak memiliki alexa toolbar di browsernya, begitupun sebaliknya.
Kelebihannya adalah rangking alexa ini sepertinya sudah cukup memberikan gambaran lalu lintas kunjungan sebuah blog atau website meskipun tidak 100% akurat. Bagi para webmaster tentu akan membantu sekali untuk pengembangan situs yang dikelolanya sedangkan untuk para internet marketer, rangking alexa merupakan suatu nilai jual bagi para pemasang iklan diwebsitenya.
Kembali ke topik

Kesimpulannya

Rangking alexa penting untuk sebuah website atau blog karena alexa rang cukup memberikan gambaran lalu-lintas kunjungan meskipun belum tentu akurat data yang didapatkan. Perangkingan alexa ini akan berguna sebagai alat untuk pengembangan website atau blog supaya lebih populer lagi dan banyak dikunjungi. percuma juga kan mempunyai blog atau website tetapi sepi pengunjungnya? Selamat ngeblog dan semangat untuk merampingkan rangking alexanya.

20 comments:

  1. Menurut saya rank alexa juga sangat berpengaruh thd seo gan ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dijelaskan lebih rinci gan sperti apa pengaruh alexa rank terhadap seo? biar aku juga belajar n nambah ilmunya :D

      Delete
  2. Akhir-akhir algoritma alexa lain daripada yang lain mas alexa malah tambah gemuk padahal rajin posting dan blogwalking.

    ReplyDelete
  3. tapi sepertinya tool bar alexa cuman pilihan atau opsi saja sob, dan meniliki bahwa aleexa toolbar membuat browser berat ehehe :D

    ReplyDelete
  4. buat yang menyediakan pemasangan iklan ranking Alexa kayanya wajib dikejar seramping mungkin...
    punya saya pernah menyentuh 300ribuan..kalo sekarang mah jauh melorotnya, udah di angka jutaan :) *malas

    ReplyDelete
  5. kalau saya soal alexa nggak terlalu mikirin mas, di blog saya cuma saya pasang meta tagnya doank, di browser juga nggak saya pasang, widged juga nggak saya pasang di blog saya. #Rizkyzone.com

    ReplyDelete
  6. obat wasir herbal
    trims ya gan infonya sangat menarik dan bermanfaat, salam blogger indonesia

    ReplyDelete
  7. Biar alexa rank nya gak ramping, asal adsense sudah disetujui sih tetep aja adem :)

    by:
    CEO kakbayu.web.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagi ilmunya dong gan biar diterima adsense :D

      Delete
  8. oke gan terima kasih atas pencerahan nya..:)

    ReplyDelete
  9. Ternyata penting juga ada manfaatnya pasang widget alexa

    ReplyDelete
  10. wah keren ini, kalau menurut saya alexa rank ini berguna bagi blog yang menawarkan space iklan sob.

    ReplyDelete
  11. Wahh gan sangat membantu banget ini bagi para pemula di bidang Blogging :)
    Sekalian yahh ane blogwalking gan :D
    Salam kenal gan
    http://aniyosuke.blogspot.com/

    ReplyDelete
  12. aneh juga sih penilaian alexa ini, update postingan trus kadang naik cepet, kadang juga turun. hmmmm
    tapi bener sih, jadi tambah semangat dengan adanya alexa rank ini :D

    ReplyDelete
  13. Ane masih bingung bang peringat alexa ane 4 jt tapi masih sepi aja
    http://sumar-blog.blogspot.com/

    ReplyDelete
  14. Artikel yang menarik gan, makasih untuk infonya.
    Jika Anda membuntuhkan Driver Printers, silahkan mengunjungi website http://www.agendriver.com/

    ReplyDelete
  15. Website kris ngeblog ini sangat keren, karena selalu membuat tema pembahasan artikel yang menarik dan bersifat edukasi juga tips and trik sehingga pembaca tidak mudah bosan dan dapat menambah pengetahuan.Thanks gan.

    ReplyDelete

Silahkan memberi komentar dengan bijaksana. Link aktive yang disisipkan di komen tidak akan dipublikasikan :)